Masalah TPA Putri Cempo, Bukan Hambatan Solo Raih Penghargaan Adipura

 Masalah TPA Putri Cempo, Bukan Hambatan Solo Raih Penghargaan Adipura

TPA putri cempo yang ada di kota Solo (Gambar: beritadaerah)


Medialingkungan.com – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Solo, Widdi Srihanto saat ini begitu mendambakan penghargaan Adipura dapat kembali diraih yang terlepas pada 10 tahun terakhir. Pemerintah kota (Pemkot) sudah melakukan pembenahan kebersihan di sejumlah perkantoran dan publik.

“Dua bulan terakhir kami fokus menumbuhkan budaya peduli lingkungan di perkantoran, sekolah, pasar hingga tingkat kelurahan. Salah satunya dengan pemberian tong pemilah sampah,” ujar Widdi seperti yang dilansir solopos.com, Minggu (10/05).

Menurutnya, sekolah menjadi titik berat utama dalam membangun perilaku ramah lingkungan, pihaknya sudah meminta sekolah mulai menerapkan konsep go green. Di sisi lain, siswa juga didorong mengetahui cara pengelolaan lingkungan secara praktik.

“Pengetahuan tentang lingkungan harus diberikan sejak dini,” ucapnya.

Dia menampik, untuk merebut kembali Adipura itu bukan hal yang mudah, lihat budaya masyarakat belum sepenuhnya sadar akan lingkungan dan pengelolaan TPA Putri Cempo yang masih terkatung-katung menjadi ganjalan untuk meraih penghargaan Adipura. “Kami sadar hal itu, tapi kami tetap optimis,” ujarnya.

Melalui optimis yang begitu tinggi, Widdi sudah memikirkan Memorandum of Understanding (MoU) jika Solo sukses meraih Adipura dan tujuan MoU itu untuk mempertahankan Adipura melalui pelestarian kota.

Sementara itu, Kasubid Pencemaran BLH Solo, Sultan Najamuddin, mengatakan problem Putri Cempo memang menjadi salah satu PR meraih Adipura. Namun, pihaknya mengklaim bukan hanya Solo yang memiliki masalah pengelolaan sampah tapi masih banyak daerah yang lain memiliki masalah yang sama.

Dia menambahkan yang terpenting dari upaya meraih Adipura adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. “Dimulai dari kesadaran buang sampah pada tempatnya,” katanya. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *