SCF Gelar Workshop Regional ‘Hutan dan Kemiskinan’

 SCF Gelar Workshop Regional ‘Hutan dan Kemiskinan’

Syukri mattinetta saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara workshop regional hutan dan kemiskinan di Hotel Kenari


Medialingkungan.com – Sulawesi Community Foundation (SCF) menyelenggarakan workshop regional hutan dan kemiskinan. Kegiatan ini digelar untuk memperingati World Forestry Day atau Hari Hutan Internasional dan berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal l -2 April di Hotel Kenari Makassar. 

Kegiatan yang dihadiri sekitar 53 orang yang terdiri dari narasumber dan fasilitator ini dibuka oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan, Syukri Mattenetta. 

Syukri dalam sambutannya mengatakan, Hari Hutan Internasional yang lazimnya dilakukan di luar ruangan, pada hari ini (01/04) dilakukan di dalam ruangan.“Hal ini bukan berarti kita tidak serius dalam memperingati Hari Hutan Internasioanl kali ini,” ucapnya.

“Di luar atau di dalam memang berbeda, tetapi tujuan yang ingin dicapai selama ini sama dalam mensejahterakan masyarakat dalam dan luar kawasan hutan,” tambahnya.

Ia juga menghimbau untuk bersama-sama memerdekakan masyarakat dalam dan sekitar kawasan hutan dengan potensi luas hutan yang berada di Sulawesi Selatan, yakni seluas 2,1 juta ha.

“Kenapa kita tidak memberikan akses hutan kepada masyarakat agar diolah secara baik dan lestari,” katanya saat memberikan sambutan di kegiatan Workshop tersebut.

Dia menambahkan, adat istiadat yang ada juga mesti dilestarikan karena mereka adalah bagian dari wilayah hutan tersebut. Selain itu, sistem agroforestry tetap akan diterapkan dalam pembangunan di sektor kehutanan. “Boleh membuka lahan, tapi tetap ada aturannya,” ujarnya.

Syukri berharap, seluruh pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat serta sektor privat saling bekerjasama dengan masyarakat untuk membangun hutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. “Jika tak mampu berbuat, minimal pertahankan,” tuturnya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini didukung pula oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan dan Lembaga Kemitraan lainnya. (Angga Pratama)

 


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *