Berarum Jeram di Sungai Pekalen Sambil Memandangi 10 Air Terjun

 Berarum Jeram di Sungai Pekalen Sambil Memandangi 10 Air Terjun

Sungai Pekalen yang berada di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Propinsi Jawa Timur (Gambar: asiawisata)


Medialingkungan.com Pernahkah anda berarum jeram? Jika belum, anda bisa mencoba berarum jeram di Sungai Pekalen di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Propinsi Jawa Timur. Rafting di Sungai Pekalen terbagi atas tiga, yaitu sungai Pekalen Atas, Pekalen Tengah dan sungai Pekalen Bawah. Pekalen Atas memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk berarum jeram dibandingkan dengan Pekalen Bawah.

Dinamakan Desa Ranu Gedang, karena Desa ini terdapat banyak pohon pisang (dalam bahasa Jawa gedang disebut pisang). Sungai ini bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sungai rata-rata 5-20 meter dan kedalaman air kurang lebih 1-3 meter.

Rafting di pekalen atas memiliki trip sepanjang 12 km, pekalen tengah 7 km dan pekalen bawah 10 km. Rafting di pekalen bawah terdapat 32 jeram yang akan dilalui sepanjang jalur pereftingan. Nama dari masing-masing jeram sangat unik, nama tersebut diambil berdasarkan peristiwa pada saat pengarungan. Misalnya, terdapat jeram bernama jeram Indosat, nama tersebut diambil karena dijeram tersebut petinggi Indosat terjatuh ke dalam air.

Pekalengan tengah biasanya digabungkan dengan pekalengan bawah. Karena jarak tempuhnya hanya 7 km, pasti akan terasa sangat tidak memuaskan.

Pekalengan atas memiliki tingkat yang paling tinggi dalam berum jeram, dan akan melewati air terjun yang sangat indah. Ada 10 air terjun yang akan dilalui, pertama anda akan melewati jeram yang kemudian akan sampai dibalik air terjun. Kemudian menyebrang melewati air terjun. Namun anda akan merasakan derasnya air terjun, karena peserta akan sengaja diberhentikan tepat di bawah derasnya guyuran air terjun. Jarak pengarungan dari Start-Finish kurang lebih 12 kilometer yang ditempuh selama 3 jam.

Rafting di pekalen tidak perlu banyak banyak mendayung, seperti halnya rafting di daerah jawa barat, karena di sungai pekalen atas jeramnya ada  55 buah seperti Welcome, Batu Jenggot, Pandawa, Rajawali, Xtravaganza, KPLA, Tripple Ace, The Fly Matador, Hiu, Cucak Rowo, Long Rapid, Good Bye. Ada pula Jeram Inul, disebut demikian karena untuk melewati jeram itu, setiap peserta harus “bergoyang seperti Inul”.

Sungai pekalen merupakan sungai permanen, karena dapat diarungi meskipun pada musim kemarau dengan arus yang tidak terlalu deras. Lain halnya pada bulan Januari hingga April dengan debit air yang tinggi arus air menjadi lebih deras karena musim penghujan. Sungai ini dikategorikan memiliki tingkat kesulitan (grade) II sampai dengan III.

Sungai Pekalen ini berjarak tempuh 135 km dari Kota Surabaya atau sekitar 3 jam rata-rata perjalanan dengan kendaraan bermotor. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Surabaya rute yang dilalui yaitu Sidoarjo -> Pasuruan -> Probolinggo -> Situbondo. Saat menjumpai pasir putih di kiri jalan berarti lokasi sudah dekat. Anda akan menjumpai pertigaan dengan papan nama yang menunjukkan lokasi rafting. Pertigaan tersebut berjarak sekitar 15km dengan lokasi rafting. Jika memungkinkan sebaiknya anda naik mini bus (avanza, innova, dan sejenisnya) karena track menuju lokasinya masih belum di aspal/di paving jadi jangan bawa mobil yg pendek seperti sedan.

Namun, jangan khawatir jika tidak memiliki kendaraan pribadi, lokasi rafting dapat ditempuh dengan angkutan umum. Setelah sampai di terminal Probolinggo, perjalanan dilanjutkan dengan bus arah Situbondo. Rata-rata kondektur telah mengerti jika anda akan berhenti dilokasi rafting. Setelah berhenti di sebuah pertigaan, perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum lyn atau angkot. Kemudian berganti lagi dengan ojek, yang cukup banyak tersedia di desa tersebut, ojek akan mengantarkan anda sampai di lokasi rafting. (Andi Hardianti)

1. Sejumlah pengunjung lagi menikmati arum jeram sambil melewati kiri dan kanan air terjun yang sangat indah (Gambar: bp)

2. Keindahan air terjun di sungai pekalen (Gambar: bp)

Medialingkungan: Visit Sungai Pekalean – Wonderful Indonesia


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *