Pansus Berikan Toleransi Urus Izin Lingkungan Bagi Petambak Udang

 Pansus Berikan Toleransi Urus Izin Lingkungan Bagi Petambak Udang

Ilustrasi kolam tambak udang (Gambar: Istimewa)


Medialingkungan.com – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), saat ini telah menyelesaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai pengelolaan lingkungan hidup. Dalam Raperda itu berizikan kesempatan bagi petambak untuk mengurus perizinan kolam tambak.

Ribuan kolam tambak di sepanjang pantai Kwaru, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY hampir seluruhnya tak memiliki izin, menurut tinjauan lapangan yang dilakukan Anggota Pansus, Zuhrif Hudaya.

“Kalau yang berizin tidak masalah. Tapi ketika ditetapkan Raperda, pasti banyak yang melanggar,” ucap Zuhrif, seperti yang dilansir tribunjogja, Kamis (16/04).

Menurut Zuhrif, hanya satu pengelola tambak yang memiliki izin, melalui Raperda ini nantinya diharapkan para petambak yang mengelola secara kelompok maupun perorangan dapat mengurus perizinan.

“Maka tambak udang harus mengajukan izin, kalau persoalan lingkungan ya sampai di perizinan lingkungan, begitupula perizinan pertanahan, izin gangguan, izin usaha, sampai UKL-UPL. Agar ada pemasukan ke pemerintah daerah,” ujarnya.

Zuhrif mengungkapkan, sesuai Raperda ini, setiap orang atau badan usaha jika mengelola usaha yang berdampak pada lingkungan, harus mengurus IPAL. Ia menambahkan, limbah harus diolah sesuai mutu baku terhadap lingkungan, berupa tanah, air, dan juga udara. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *