Peringati Hardiknas, Sekolah Tarakanita Peduli Lingkungan

 Peringati Hardiknas, Sekolah Tarakanita Peduli Lingkungan

Siswa SMP Tarakanita 2 yang sedang membuat toga di kebun sekolah (Gambar: tarakanita)


Medialingkungan.com – Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari ini, sekolah Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) Tarakanita 2, dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tarakanita 1, jalan Wolter Monginsidi 118, Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menyambut baik Hardiknas. Sekolah Tarakanita bekerjasama dengan warga sekitar dalam melakukan kerja bakti lingkungan, penanaman pohon di area sekitar sekolah, dan melengkapi sarana dan prasana tempat sampah si sepanjang jalan wijaya.

Kepala Sekolah Tarakanita, Paula Ruliyati Puji Lestari berkomitmen menerapkan sekolah yang bersih, sehat, aman, nyaman, transparan, berintegritas, dan berkualitas.

“Kegiatan ini bukan hanya warga yang membantu, tapi sejumlah orang tua ikut serta dalam bekerja bakti. Para orang tua atau masyarakat sekiranya agar tiap hari mengingatkan anak-anaknya agar tidak melakukan tindakan yang tidak terpuji, contoh sederhananya membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok, serta menaati tata tertib sekolah,” ujarnya, seperti yang dilansir beritasatu, Jakarta (02/05).

Menurutnya, sekolah yang tidak hanya mengembangkan kualitas akademik saja, namun juga dasar-dasar yang baik dengan menumbuhkembangkan budaya kasih, budaya seni atau kearifan lokal berbudaya lingkungan.

“Seperti hari ini, bersama orangtua dan masyarakat sekitar, kami tidak hanya menanam atau membersihkan, tapi membuat sumur resapan, lubang resapan biopori, serta melakukan edukasi kepada para pedagang agar menjaga kebersihan saat berdagang, dan mengelola sampah,” ucapnya.

Paula Ruliyati Puji Lestari mengungkapkan, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, Ki Hajar Dewantara akan tersenyum bangga jika semboyan yang diajarkannya diwujudnyatakan oleh generasi penerusnya ‘ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handsayani’, yang artinya di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, dan di belakang memberi dorongan. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *