Polusi Udara Pengaruhi Otak Manusia

 Polusi Udara Pengaruhi Otak Manusia

Ilustrasi (Gambar: kompas)


Medialingkungan.com – sebuah studi mengungkapkan polusi udara memberikan dampak buruk bagi lingkungan begitupun buat kesehatan manusia bahkan mampu merusak otak.

Professor di Department of Public Health and Clinical Medicine di Umea University, Bertil Forsberg asal Swedia menyatakan polusi udara bisa menyebabkan sesorang mengalami Demensia Vascular dan Alzheimer, seperti yang dilansir Food World News.

“Dari total 16 kasus demensia dalam studi, sebanyak 16 persen diantaranya disebabkan oleh polusi udara,” ucapnya.

Sementara itu, peneliti lain senada dengan Bertil bahwa orang yang bernafas dengan kebanyakan menghirup udara tercemar memiliki risiko menderita Demensia vascular dan Alzheimer 40 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang tinggal didaerah pedesaan dengan udara yang segar.

Dr. Frederica P.Perera, Direktur Columbia Center for Children’s Environmental Health, dkk dalam Journal of American Academy of Pediatrics tahun 2009 mengungkapkan anak-anak yang terpapar oleh polusi udara di kota sejak dalam kandungan akan memiliki IQ yang lebih rendah daripada anak-anak yang kurang terpapar.

Sedangkan untuk orang dewasa, polusi udara dapat menyebabkan penurunan konsentrasi, timbulnya short-term memory dan menurunkan respon otak yang setara dengan kemunduran otak pada usia 3,5 – 5 tahun lebih tua dari usia sebenarnya. ( Arif Hidayat )


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *