SCF Gelar Pelatihan Demi Tingkatkan Ekonomi Petani Aren

 SCF Gelar Pelatihan Demi Tingkatkan Ekonomi Petani Aren

Suasana diskusi dalam pelatihan pendampingan kelompok tani hutan di Dusun Labaka, Desa Bulo-bulo, Kabupaten Barru, Sabtu (12/09) (Gambar: Angga Pratama)


Medialingkungan.com – Sulawesi Community Foundation (SCF) melalui program peduli, menyelenggarakan pelatihan pembuatan gula aren menjadi gula semut kepada kelompok tani hutan di Dusun Labaka, Desa Bulo-bulo, Kabupaten Barru, Sabtu (12/09).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Pelatihan Pengolahan Gula Aren Menjadi Gula Semut’ ini menghadirkan dua orang pembicara yakni Koordinator Manager Program SCF, Naufal Achmad dan Ketua Kelompok Tani Hutan Bulukumba, Tamrin.

Koordinator Manager Program SCF, Naufal Achmad mengungkapkan, pelatihan ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat khususnya di Dusun Labaka untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan masyarakat dalam pengolahan gula aren menjadi gula semut, sehingga diharapkan akan meningkatkan ekonomi masyarakat yang berada di Desa Bulo-bulo.

”Jika kelompok tani hutan berhasil nantinya, kelompok ini akan menjadi salah satu percontohan di Desa-desa yang ada di Kabupaten Barru,” katanya.

Sementara itu, Tamrin berharap setelah pelatihan ini berakhir, masyarakat Dusun Labaka mampu mempertahankan kelompok tani hutan mereka dan tetap eksis dalam memasarkan produk gula semut mereka nantinya.

“Masyarakat Dusun Labaka banyak yang berminat melakukan pekerjaan ini, beda dengan di daerah kami yang mesti diberikan harapan-harapan yang menjanjikan agar ikut bergabung dalam kelompom tani hutan yang telah dibentuk,” ucapnya.

Pelatihan ini dikuti oleh 17 anggota kelompok tani hutan di Dusun Labaka, Desa Bulo-bulo, Kabupaten. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *