Ampas Kopi Disulap jadi Bahan Bakar Kendaraan

 Ampas Kopi Disulap jadi Bahan Bakar Kendaraan

Kopi jadi Bahan Bakar Kendaraan (Gambar: republika)


Medialingkungan.com – Diseluruh penjuru dunia, para ilmuan atau peneliti terus melakukan percobaan untuk bisa menemukan bahan bakar yang ramah lingkungan. Sebuah paper yang terungkap dalam ACS Journal Energy & Fuels, yang berisikan bahwa ampas kopi sebagai pengganti bahan bakar kendaraan ramah lingkungan.

Dalam paper ini disebutkan bahwa ekperimen serta investigasi terhadap kemungkinan pemakaian kopi sebagai bahan bakar telah dilakukan. Untuk melakukan hal ini, kopi-kopi tersebut terlebih dahulu harus direndam dalam pelarut organik. Langkah ini dilakukan untuk mengumpulkan minyak yang ada di dalam kopi.

Salah satu peneliti kopi sebagai bahan bakar kendaraan Dr. Chris J. Chuck dari University of Bath, Inggris, mengatakan kalau setiap tahunnya sebanyak 8 ton kopi telah diproduksi secara global. Dia pun menyebut kalau ampas bubuk kopi yang dihasilkan mempunyai kandungan minyak sebesar 20 persen per unit berat. Dan minyak tersebut mempunyai kesamaan dengan bahan lain yang kerap digunakan sebagai bio fuel.

Dr. Chuck menuturkan kalau semua jenis kopi bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor ramah lingkungan. Bahkan 10 kilogram ampas kopi diperkirakan bisa digunakan untuk menghasilkan sebanyak 2 liter bio fuel.(AH)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *