Band GIGI Tidak Ingin Kalah dari Iwan Fals dan SID Dalam Peduli Lingkungan

 Band GIGI Tidak Ingin Kalah dari Iwan Fals dan SID Dalam Peduli Lingkungan

Band GIGI yang Lagi Berpose di Salah Satu Konsernya (Gambar: tempo.co)


Medialingkungan.com – Sejumlah musisi tanah air Indonesia berkomitmen dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Mereka pun aktif berkampanye hijau, mengajak para penggemarnya untuk sama-sama melestarikan lingkungan atau peduli terhadap lingkungan.

Musisi seperti Iwan Fals terkenal dengan para penggemarnya, yaitu OI, yang berjumlah jutaan di Indonesia. Sang musisi legendaris ini secara perlahan mengajak para penggemarnya untuk memungut sampah setelah konser.

“Waktu dulu OI masih harus disuruh, tapi lama kelamaan kalau niat ada jalannya, sekarang para OI sudah mulai inisiatif. Kadang saya suka mengatakan kepada mereka, jika membersihkan sampah berarti membersihkan hati,” ujar Iwan di kawasan kemang, Selasa (27/01).

Iwan Fals rencananya akan menggelar konser bersama beberapa musisi dan band di Garuda Wisnu Kencana, Bali pada Maret tahun ini. Konser yang mengambil tema ’Besar Go Green’ ini diadakan oleh sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Pelantun lagu Pesawat Tempur ini jadi satu-satunya penyanyi solo yang dijadwalkan tampil satu panggung dengan grup band GIGI, Kotak, Nidji, dan band asal tuan rumah, Superman Is Dead (SID).

Rupanya tidak hanya OI yang peduli akan kelestarian lingkungan. Lebih jauh para OutSIDers, penggemar SID, sering mengadakan kegiatan bertemakan lingkungan seperti membersihkan pantai.

“OutSIDer tidak perlu diajak untuk cinta lingkungan. Mereka ada kegiatan bersih-bersih pantai tiap sebulan sekali. Itu sudah berjalan lima tahun terakhir dan itu sudah menjadi inisiatif tersendiri,” ujar Jerinx, pemain drum SID.

Jerinx menambahkan bahwa untuk kegiatan cinta lingkungan tidak dapat dilakukan hanya sekali saja. Menurutnya kegiatan cinta lingkungan perlu dilakukan berkali-kali guna meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat.

Tidak ingin kalah dari kedua bintang musisi tersebut, GIGI juga mengungkapkan program cinta lingkungan yang mereka miliki. Armand Maulana, sang vokalis menjelaskan GIGI mulai berpartisipasi dalam aksi cinta lingkungan sejak rilis album terakhir Live At Abbey yang rilis tahun lalu.

“Sejak album yang terdahulu, beberapa persen dari setiap CD yang terjual disumbang untuk tanam pohon. Jadi orang beli album sekaligus sumbang satu pohon,” ujar Armand vokalis GIGI.

Armand sangat menyetujui kegiatan kampanye lingkungan yang dipelopori oleh para musisi di tanah air. Menurut dia, jumlah penggemar yang banyak menjadi peluang yang besar dalam mewujudkan aksi cinta lingkungan. Sehingga artis perlu menggerakkan para penggemarnya masing-masing dalam melestarikan lingkungan. (PK)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *