BIG Akan Verifikasi 3.000 Pulau Di Indonesia

 BIG Akan Verifikasi 3.000 Pulau Di Indonesia

Ilustrasi pulau yang belum diverifikasi (Gambar: bp)


Medialingkungan.com – Pulau di Indonesia yang saat ini diketahui nama dan titik koordinatnya baru sekitar 13.466 pulau. Jumlah ini akan terus betambah dikarenakan masih ada sekitar 3.00 pulau yang belum diverifikasi nama dan titik koordinatnya dan kemungkinan besar akan mencapai 17.000 pulau di Indonesia.

Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Priyadi Kardono mengungkapkan, pemetaan dan penamaan secara koordinat untuk pulau-pulau sangat penting bagi Indonesia.

“Pulau-pulau sekarang ini ada yang pulau nilai ekonominya sangat tinggi untuk pariwisata. Jika pulau-pulau kecil ada penduduknya, pemerintah pun harus mengetahuinya,” ujar Priyadi, seperti yang dilansir beritasatu.

Priyadi mengatakan, BIG kini bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mempermudah pencaharian pulau-pulau yang hilang dan pemetaan zonasi juga akan segera dilakukan. “Skala pemetaan bisa 1:25.000 hingga 1:10.000. Untuk skala 1:10.000 bahkan bisa digunakan untuk penjelasan budidaya pesisir, keramba jaring apung dan jalur pelayaran,”ucapnya.

Pemetaan wilayah pesisir tidak hanya untuk memverifikasi hanya keberadaan pulau yang hilang. Namun, dapat juga sebagai pijakan rencana pembangunan 24 pelabuhan baru di Indonesia dan program tol laut, katanya.

Harapan Priyadi, semoga kegiatan menghitung garis pantai nantinya lebih mudah dan cepat.

Indonesia saat ini merupakan negara kedua yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia setelah Kanada. Panjang garis pantai Indonesia 99.093 kilometer dan Kanada 202.080 kilometer. Guna menghasilkan peta lebih detail lagi pemanfaatan citra satelit mampu menghasilkan peta skala 1:5000. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *