Indonesia dan Jepang Kerjasama Dalam Penurunan GRK

 Indonesia dan Jepang Kerjasama Dalam Penurunan GRK

Kincir angin suplai energi untuk kebutuhan energi listrik (Gambar: Doc)


Medialingkungan.com – Indonesia berkomitmen untuk menurunkan emisi dengan menerapkan berbagai upaya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan diterbitkannya Peraturan Presiden No 61 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca.

Dalam bentuk komitmen Pemerintah juga semakin terlihat setelah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjalin kerja sama dengan Pemerintah Jepang  dalam kegiatan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) melalui perdagangan karbon dengan skema Joint Crediting Mechanism (JCM) yang telah dimulai sejak 2010 lalu dan terus berlanjut hingga saat ini.

Kepala Sekretariat JCM, Dicky Edwin Hindarto mengungkapkan, kerja sama Indonesia dan Jepang dimotori oleh masing-masing kementerian, yakni Kementerian Koordinator Bidang Perkonomian Indonesia dan Kementerian Luar Negeri serta Kementerian Keuangan Jepang.

“Kerja sama yang dilakukan merupakan government to government. Tapi, dalam implementasinya adalah business to business. Karena itu, dalam kerja sama ini pemda bisa ikut terlibat di dalamnya,” ujarnya, di Hotel Aryaduta, seprti yang dilansir mongabay, Jakarta (03/05).

Selama lima tahun dilaksanakan kerja sama, Dicky menjelaskan, sudah 93 proyek yang menyelesaikan feasibility studies dan sejak 2014 sudah ada 15 proyek yang dilaksanakan.

“15 proyek ini statusnya sudah terdaftar di Pemerintah Indonesia. Jadi tidak seluruhnya proyek baru, tapi ada juga proyek existing yang hanya dilakukan penggantian teknologinya saja,” ucapnya. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *