Pantai Kuta Diserbu Sampah, Pengunjung Mengeluh

 Pantai Kuta Diserbu Sampah, Pengunjung Mengeluh

Sampah Kiriman di Pantai Kuta dikeluhkan para wisatawan dalam dan luar negeri (Gambar : TribunBali)


Medialingkungan.com – Bukan fenomena baru ketika melihat Pantai Kuta, Bali, kotor dan dipenuhi tumpukan sampah. Sampah-sampah ini bukan dibuang secara sengaja oleh para wisatawan atau masyarakat lokal. Sampah tersebut merupakan limbah kiriman yang terbawa arus pantai. Fenomena ini memang sering terjadi saat musim penghujan tiba seperti saat ini.

Pesona Pantai Dewata kini di luar ekspektasi para pengunjung yang telah bersusah payah datang untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun di sana. Pemandangan tidak mengenakkan ini mengakibatkan banyak wisatawan domestik dan mancanegara terganggu akibat kehadiran sampah-sampah itu. Pengelola obyek wisata Pantai Kuta, Gusti Agung Tresna, di Pantai Kuta, Kamis (26/12), mengatakan, sampah itu bukan berasal dari sana, melainkan kiriman. 

“Ini fenomena alam tahunan dampak angin musim barat, sudah menjadi pemandangan tiap akhir tahun. Karena jumlahnya banyak kami kewalahan,” katanya. Ia mengaku sampah kiriman yang terdampar di Pantai Kuta ini berasal dari beberapa wilayah di Bali bagian barat hingga beberapa wilayah di Jawa Timur. 

Feri contohnya, saat ditemui oleh salah satu wartawan Tribun Bali, pria asal Yogyakarta ini menyayangkan adanya sampah tersebut. “Tentu sangat disayangkan, padahal saat ini kan ramai,” imbuhnya.

Sampah yang terdampar di bibir Pantai Kuta terdiri atas beragam jenis, baik organik maupun non-organik, misalnya ranting kecil, kelapa, botol dan pembungkus makanan serta minuman bekas, kardus hingga sisa-sisa makanan. (MFA)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *