Pelestarian Lingkungan, Toyota Tanam 10 Ribu Pohon Mangrove

 Pelestarian Lingkungan, Toyota Tanam 10 Ribu Pohon Mangrove

Proses penenaman mangrove di kepulauan seribu bersama Toyota Indonesia (Gambar: okezone)


Medialingkungan.com – Perusahaan Toyota Indonesia tunjukkan wujud kepeduliaan dalam pelestarian lingkungan dengan melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove, di Pulau Pramuka,Kepulauan Seribu, akhir pekan kemarin. Sejumlah karyawan Toyota yang tergabung dalam kelompok pecinta alam Toyota Indonesia Adventurers Club (TIAC) menanam pohon mangrove sebanyak sepuluh ribu pohon.

Kegiatan penanaman tersebut, dihadiri Bupati Kepulauan Seribu, Tri Margianto dan Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Wahju Rudiyanto. Kegiatan ini diinisiatif karyawan secara sukarela dan didukung manajemen PTToyota Motor Manufacturing Indonesia (Tmmin) dan PT Toyota Astra Motor (TAM).

“Kami menyambut baik dan mendukung aksi kepedulian ini sebagai langkah positif bagi pelestarian lingkungan. Kami berharap, kegiatan ini bisa menginspirasi lebih banyak pihak,” ujar Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal PTToyota Motor Manufacturing Indonesia, I Made Dana Tangkas.

Pemilihan lokasi penanaman bakau di pulau pramuka dilatarbelakangi oleh ancaman abrasi air laut yang mulai terjadi, mengingat Pulau Pramuka sebagai pusat administrasi dan daerah wisata di wilayah Kepulauan Seribu sehingga perlu dibentengi oleh hutan bakau sebagai pelindung pantai, katanya.

Tidak hanya menanam, TIAC akan melakukan pemeliharaan pohon bakau hingga tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik. Kegiatan penanaman ini merupakan kelanjutan dari dua program serupa di tahun 2010 dan 2013 lalu. Jika ditotalkan, karyawan Toyota Indonesia telah menanamkan sebanyak lebih dari 21.000 bakau di Pulau Pramuka.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo mengungkapkan sejauh ini Toyota Indonesia dan grupnya telah menanam sebanyak lebih dari 700.000 pohon bakau dan 150.000 pohon lainnya. Kedepannya, kami akan terus mengupayakan berbagai aktivitas pelestarian lingkungan yang berkesinambungan, seperti yang dikabarkan Antaranews.

Toyota berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia sesuai dengan semangat Toyota Berbagi  melalui penyediaan produk dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, menjadi bagian dari perkembangan industri otomotif nasional, serta berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. (Arif Hidayat)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *