Persoalan Kemiskinan Mempercepat Perubahan Iklim

 Persoalan Kemiskinan Mempercepat  Perubahan Iklim

Angka kemiskinan yang makin parah di berbagai negara dan tak bisa terhindarkan lagi diakibatkan pemerintah yang makin mengisap uang rakyat (Gambar: sosialberita)


Medialingkungan.com – Pemecahan persoalan perubahan iklim tidak dapat teratasi hanya memfokus perhatian pada persoalan lingkungan semata. Namun ada penyebab lain yang juga punya peran dalam percepatan laju perubahan iklim yakni persoalan kemiskinan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Francois Bourguignon, saat berbicara dalam General Lecture on Climate Change and Poverty, yang diselenggarakan oleh International Center for Interdisciplinary and Advanced Research – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (ICIAR-LIPI) bersama dengan Kedutaan Perancis, pekan lalu, di Jakarta (29/04).

Francois asal Prancis tersebut menjelaskan hasil kajiannya yang menunjukkan hubungan tingkat perubahan iklim dan kesejahteraan sosial ekonomi pada negara tertentu cenderung bersifat asimetris (berbanding terbalik). Hal ini memperlihatkan bahwa semakin sejahtera masyarakat secara ekonomi maka dampak perubahan iklim semakin dapat dikurangi.

“Harus ada distribusi kekayaan dari negara kaya atau maju ke negara miskin dan berkembang. Selain itu, perlu juga adaptasi kebijakan sehingga fokus pendanaan untuk mengatasi perubahan iklim tidak hanya di lingkungan, tetapi menyasar pada kemiskinan,” ujarnya seperti yang dilansir dalam situs resmi LIPI.

Dia juga menuturkan banyaknya permasalahan yang muncul akibat kemiskinan pada akhirnya akan berdampak pada perubahan iklim. “Ini terjadi terutama pada negara miskin dan berkembang di mana aktivitas warganya menyumbang emisi CO2 sekitar 70 – 80 persen bagi dunia,” jelasnya.

Oleh karena itu, Bourguignon juga menyarankan pemecahan persoalan perubahan iklim juga difokuskan pada persoalan pengentasan kemiskinan dengan menghadirkan solusi untuk persoalan kemiskinan yang masih melanda sejumlah negara di dunia. (Irlan)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *