Petani Hutan Akan Peroleh Subsidi Dari Pemerintah

 Petani Hutan Akan Peroleh Subsidi Dari Pemerintah

Petani hutan rakyat (Gambar: libregraphics.asia)


Medialingkungan.com – Di tahun 2016 mendatang pemerintah Indonesia akan alokasikan anggaran untuk pemberian subsidi sarana produksi bagi petani tanaman pangan yang memanfaatkan lahan kawasan hutan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan, petani yang sejak dahulu belum tersentuh pupuk maupun benih perlu pemberian subsidi bagi mereka.

“Saya mencanangkan subsidi ini, karena saya mendapatkan keluhan dari petani yang berada di Nganjuk Jawa Timur kemari di saat saya mengunjungi daerah tersebut,” kata Siti Nurbaya.

Keluhan yang diterima Menteri LHK ini membuat seluruh jajaran di KLHK mulai membahas hal itu dengan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.

Sementara itu, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Edhy Prabowo mengatakan, selama ini petani di kawasan hutan kesulitan memperoleh subsidi pupuk dan benih karena ketentuan yang mensyaratkan harus ada Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Untuk menyusun RDKK tersebut petani harus menyertakan sertifikat lahan pertanian yang diusahakan. Padahal petani hutan umumnya menggarap lahan kehutanan milik negara sehingga tidak mungkin memiliki sertifikat hak milik,” ujarnya, seperti yang dikabarkan beritasatu, Rabu (19/08).

Sekitar tujuh juta petani yang memanfaatkan kawasan hutan untuk budidaya tanaman pangan dan mereka tidak memperoleh subsidi pupuk dan benih sekalipun. Maka dari itu, di tahun ini Komisi IV DPR sesegera mungkin menyelesaikan hal itu (persyaratan RDKK), katanya.

“Dana yang akan dialokasikan untuk subsidi bagi petani hutan sebanyak Rp1,5 triliun,” ucapnya. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *