Seminar Nasional Tata Kelola Air: Mencegah Mata Air Menjadi Air Mata

 Seminar Nasional Tata Kelola Air: Mencegah Mata Air Menjadi Air Mata

Seminar yang diselenggarakan oleh LPBI-NU di Gedung PBNU Jakarta Pusat, Rabu (20/05) (Gambar: LPBI-NU)


Medialingkungan.com – Pengurus Pusat Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI-NU) mengadakan Seminar Nasional dengan tema ‘Tata Kelola Air: Mencegah Mata Air Menjadi Air Mata’, diJakarta, Rabu Kemarin.

Dalam seminar yang diselenggarakan LPBI-NU dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang berasal dari berbagai instansi pemerintah, ormas, perusahaan swasta, LSM/NGO, serta institusi pendidikan.

“Seminar ini diselenggarakan juga sebagai rangkaian acara Rakornas LPBI-NU dalam rangka menyemarakkan Muktamar NU Ke-33. Beberapa ide-ide yang muncul di seminar ini bisa dijadikan rekomendasi pada saat Muktamar nanti”, ujar Avianto Muhtadi, Ketua PP LPBI-NU saat menyampaikan pidato sambutannya,” berdasarkan pres rilis LPBI-NU yang diterima Medialingkungan.

Menurut Avianto, isu tata kelola air menjadi sangat relevan untuk menjadi topik diskusi dalam kesempatan seminar kali ini.

Berdasarkan informasi yang diterima Medialingkungan.com, pada sesi pertama pembicaradalam kegiatan seminar tersebut yakni, Drs. Waluyo Hatmoko, M.Sc (Kementerian PU dan PeRa), Ir Arif Yuwono, MA (Kementerian Kehutanan dan LH), Rahmat Hidayat (Juru Bicara Forum Komunikasi Lintas Asosiasi Pengguna Air/Wakil Ketua Umum GAPMMI), KH. Masdar F. Mas’udi, MA (Rais Syuriyah PBNU), dan dimoderatori olehAmin Magatani.

Sedangkan pada sesi kedua, hadir para pembicara antara lain, Ir. Basah Hernowo, MA (Direktur Kehutanan & Konservasi Sumberdaya Air Bappenas) dan Ir. B. Wisnu Widjaja, MSc (Deputi Pencegahan dan Kesiap-siagaan BNPB), dan dimoderatori oleh Ari Muhammad.

Sementara itu, Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Prof. Dr. Arief Hidayat menjadi Keynote Speaker dengan materi “Konsepsi Pengelolaan Sumber Daya Air dalam Perspektif Konstitusi” mengatakan dalam praktik ketatanegaraan di berbagai negara, permasalahan pengelolaan sumber daya alam merupakan bagian dari kebijakan perekonomian suatau negara yang tertuang dalam setiap konstitusi negaranya. (Press Rilis)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *