4 DAS Kritis, KLHK Akan Melakukan Perbaikan

 4 DAS Kritis, KLHK Akan Melakukan Perbaikan

Seorang ibu sedang mengais rejeki di tepian sungai yang kering (Gambar: bp)


Medialingkungan.com – Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Arif Yuwono mengungkapkan, kami akan benahi empat Daerah Aliran Sungai (DAS) besar yang saat ini dalam kondisi kritis.

“Dengan memperbaiki keempat DAS ini akan sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Secepatnya akan kami selesaikan,” ucapnya.

Empat DAS yang dimaksud yakni, DAS Ciliwung dan Citarum di Jakarta, DAS  Brantas, Sidoarjo, Jawa Timur, dan DAS Bengawan Solo, Jawa Tengah, katanya, seperti yang diberitakan metrotvnews, Minggu (23/08).

Menurutnya, dalam pembenahan nantinya kemungkinan besar akan berdampak pada ekosistem hutan dan kebersihan air. Baginya, berbicara air dan hutan akan menyangkut banyak hal. “Air kan sumber energy, kita tidak berbicara siapa yang punya. Tapi, mesti dijaga bersama,” tambahnya.

Arif berharap, masyarakat tidak hanya bisa merusak atau membiarkan begitu saja, namun masyarakat juga semestinya bisa menjaga lingkungan sekitar agar memperoleh kelayakan hidup dan menambah perekonomian mereka. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *