Beberapa Supermarket Besar Dunia Berkomitmen Kurangi Bahan Kimia Bebahaya

 Beberapa Supermarket Besar Dunia Berkomitmen Kurangi Bahan Kimia Bebahaya

Supermarket Aldi salah satu supermarket yang berkomitmen dalam mengurangi bahan kimia berbahaya (Gambar: hungarytoday)


Medialingkungan.com – Beberapa perusahaan retail (supermarket) raksasa dunia telah mengeluarkan komitmen untuk melarang penggunaan bahan kimia berbahaya pada produksi tekstil mereka. Hal ini dilakukan dalam upaya menanggapi tuntutan pada kampanye global ‘Greenpeace Detox Campaign’.

Supermarket Aldi, salah satu dari sepuluh supermarket terbesar dunia ini, telah mengeluarkan komitmen Detox. Salah satu poin dalam komitmennya yaitu melarang penggunaan bahan kimia berbahayadalam produksi tekstil mereka pada tahun 2020 mendatang.

Lidl, Penny, Tchibo, Mark&Spencer, dan Coop nama-nama supermarket besar dunia ini telah berkomitmen besar untuk mengurangi pemakaian bahan kimia yang berbahaya, seperti yang dilansir oleh Greenpeace.

“Dengan Aldi, Lidl dan Penny yang mendukungseluruh sektor retail dunia akan bergeser ke produksi tekstil yang ramah lingkungan. Ini yang sekarang kita harapkan dari retailer besar di dunia seperti Wal-Mart, Carrefour dan Tesco,” ujar seorang aktivis Detox Greenpeace dari Jerman, Kirsten Brodde.

Greenpeace menyerukan para pemimpin perusahaan retail agar mempertimbangkan model bisnis baru. Dengan perencanaan dan pengelolaan sumber daya secara bertanggung jawab, retailer besar dapat merevolusi desain dan produksi barang mereka menjadi ramah lingkungan. (Muchlas Dharmawan)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *