Indonesia Menjadi Pioner Gerakan Atasi Perubahan Iklim Dunia

 Indonesia Menjadi Pioner Gerakan Atasi Perubahan Iklim Dunia

Cop 20 di Peru (Gambar: amazonaws)


Medialingkungan.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya berkomitmen menyerahkan draft terkait perubahan iklim dan cara mengatasinya. Draft tersebut akan diberikan ke Intended Nationally Determined Contributions (INDC) Indonesia ke Sekretariat United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) pada September mendatang.

Dia mengungkapkan, kami akan menyiapkannya dengan baik, sebab Indonesia menjadi pioner dalam gerakan global ini. Target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) pada tahun 2019 mendatang sebesar 29 persen serta peningkatan ketahanan iklim daerah.

“Dua hal ini yang menjadi dasar dalam pembuatan INDC. Saya berharap draft awal INDC bisa selesai pada 25 Agustus,” kata Siti Nurbaya, seperti yang diberitakan tempo.

INDC adalah kontribusi besar bagi masing-masing negara dalam upaya mitigasi perubahan iklim yang akan dikompilasi dan kemudian ditargetkan menjadi kesepakatan global pada event iklim internasional mendatang.

Dilain hal, Ketua Yayasan Perspektif Baru, Wimar Witoelar menyatakan, kesempatan yang cukup bagus, dikarenakan dunia akan terselamatkan dari ancaman perubahan iklim. Dia menambahkan, Indonesia berpeluang menjadi penyumbang terbesar dalam upaya penyelamatan bumi.

“Semoga ini mejadi peranan Indonesia yang bersinar dalam penyelamatan bumi,” ucapnya.

INDC yang disampaikan kepada Sekretariat UNFCCC harus menggambarkan seberapa jauh Indonesia sebagai satu kesatuan nasional menetapkan targetnya, terutama target penurunan emisi GRK. Jika memungkinkan target upaya penanganan dampak perubahan iklim dalam bentuk adaptasi pasca 2020.

Optimalisasi proses dan hasilnya dalam bentuk target nasional 2030 diharapkan akan membuat INDC Indonesia menjadi lebih solid dan ambisius serta progresif, tetapi tetap memberikan ruang gerak dalam perencanaan pembangunan nasional pasca 2020 mendatang. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *