Inggris Akan Miliki Pohon Bertenaga Surya

 Inggris Akan Miliki Pohon Bertenaga Surya

Pohon Bertenaga Surya yang Berada Di Negara Inggris (Gambar: bbcimg)


Medialingkungan.com – Sebuah pohon berpanel surya setinggi empat meter ini akan dibangun di pusat Kota Bristol, Inggris. Pohon yang terbuat dari besi ini memiki 36 lempengan panel surya sebagai daunnya dan akan menggantikan pohon asli yang sudah tua di Lapangan Millennium.

Akan ada sebuah bilik untuk pengisian baterai ponsel dan disediakan pula layanan wi-fi gratis buat pengunjung yang melihat pohon berpanel surya ini.

Quiggin, dari Demand Energy Equality yang menginisiasi ide ini, mengatakan obyek yang spektakuler itu dibuat untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu energi. Tidak hanya itu, pohon bertenaga surya ini akan ditanam di antara semak-semak sebagai bagian dari proyek Kota Hijau Bristol 2015.

“Ukuran dibuat seperti pohon taman besar, jadi memang cukup besar,” sambungnya.

Menurut Perancang Lokal, John Packer mengungkapkan, orang bisa duduk di sekitar pohon dan mengisi baterai ponsel mereka dan bisa menikmati wi-fi gratis. Dan rencananya akan dipasang pada bulan Maret mendatang.

“Panel surya meniru proses daun untuk mengumpulkan dan mengubah energi matahari sepanjang hari,” kata Packer. Sebelumnya, Inggris juga sudah mulai mengoperasikan bus bertenaga kotoran manusia dan sampah makanan di Kota Bristol dan Bath. Hal tersebut diklaimnnya sebagai langkah ramah lingkungan di negaranya. (AH)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *