KLHK dan GK Sambut Hari Kebangkitan Nasional

 KLHK dan GK Sambut Hari Kebangkitan Nasional

Ilustrasi gambar (Gambar:KLHK)


Medialingkungan.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Galang Kemajuan Center (GK) menggelar acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional bertajuk “Spirit Kebangkitan Nasional: Kearifan Lokal Budaya Menjaga Lingkungan” yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 16 Mei, di Pelataran Candi Bentar, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Ketua umum GK Center, Kelik Wiriawan mengatakan momentum kebangkitan nasional dapat dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian dalam mejaga kelestarian alam. “Kita butuh spirit baru dengan keterbukaan terhadap berbagai macam partisipasi kelompok dengan semangat menjaga lingkungan,” ujar Kelik pada acara konferensi pers di Gedung Manggala Wanabakti, KLHK, Selasa (12/05).

Konferensi pers ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian LHK, Hadi Daryanto, Ketua Pelaksana, Ananda Mustajab, Putri Indonesia 2015 Chintya Febiola, dan Ketua panitia Tuti Roosdiono.

Kelik mengatakan, acara ini bertujuan untuk menyalurkan informasi agar masyarakat mengetahui kekayaan hutan dan lingkungan hidup di Indonesia. Untuk itu, Kelik mengimbau agar masyarakat, para guru, dan 500 pelajar dari Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Jabodetabek mampu berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kelik menambahkan, untuk menigkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk masyarakat sekitar hutan, pemanfaatan lingkungan hidup harus disesuaikan dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Kearifan lokal, sambung Kelik, telah terpatri menjadi budaya masyarakat yang turun-temurun hidup di suatu wilayah. Untuk itu, pola perilaku dan tantanan nilai yang dimiliki masyarakatnya memiliki andil besar dalam menjaga hutan dan lingkungan hidup. “Tatanan nilai ini pantas dijaga dan dihargai dengan tetap berorientasi demi berlangsungnnya eksosistem yang baik,” ungkap Kelik.

Dalam memperkenalkan kearifan lokal, masyarakat akan diedukasi melalui pengenalan Taman Nasional yang berada di Indonesia. “Indonesia memiliki taman nasional yang bagus dan dapat menjadi inspirasi. Tidak semua negara memiliki Taman Nasional sebanyak Indonesia seperti negara Singapura dan Malaysia,” tambah Kelik.

Para penyelenggara juga berharap agar semangat positif pada peringatan hari Kebangkitan Nasional ini menjadi momentum yang baik untuk kelestarian lingkungan hidup dan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. (Fahrum Ahmad)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *