KLHK Secepatnya akan Audit PT Freeport Indonesia

 KLHK Secepatnya akan Audit PT Freeport Indonesia

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar (Gambar: bp)


Medialingkungan.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia akan segera melakukan audit lingkungan terhadap PT. Freeport Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar, dirilis oleh mongabay.co.id.

Siti Nurbaya mengungkapkan sebentar lagi pihaknya akan bertemu dengan pihak PT. Freeport untuk membicarakan hal tersebut. “Surat sudah masuk. Akan kita atur waktunya kapan. Audit lingkungan akan secepatnya dilaksanakan,” ucapnya.

Dia menjelaskan keputusan tersebut diambil setelah pihaknya melakukan rapat kerja bersama Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) beberapa waktu lalu. Dia mengatakan dalam rapat tersebut, DPR meminta KLHK melakukan audit terhadap PT Freeport Indonesia. “Prosesnya harus diawasi langsung auditor independen dan Kementerian LHK,” ujarnya.

Wanita kelahiran Jakarta ini juga mengakui masih lemahnya Pemerintah dalam pengawasan lingkungan terhadap perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut.

“Kita pernah audit lingkungan Freeport tahun 1990. Setelah itu tidak lagi memakai istilah audit lingkungan tetapi pengawasan tahunan. Pemeriksaan ke lapangan terus dilakukan. Tahun 2011 pengawasannya terhenti,”katanya.

Lebih lanjut, dia menuturkan berhentinya pengawasan tersebut dikarenakan faktor keamanan. Menurutnya, kondisi yang tidak aman itu membuat orang-orang Kementerian pada saat itu tidak ada lagi yang berani untuk melakukan audit langsung. (Ir)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *