Konsumen Indonesia Terbaik di Asia-Pasifik

 Konsumen Indonesia Terbaik di Asia-Pasifik

Salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta yang selalu dipadati pengunjung setiap hari (Gambar : Belanjanyaman.com)


Medialingkungan.com – MasterCard, lembaga dibidang finansial ini, baru-baru merilis hasil survei berdasarkan indikator yang menilai para konsumen di Asia-Pasifik dalam perannya yang memiliki pertanggung jawaban atas praktik perdagangan yang berkeadilan (fair trade) dan produk yang ramah lingkungan – yang dikonsumsinya.

Hasil survei ini menunjukkan bahwa konsumen di Indonesia cenderung lebih sadar terhadap cara mengkonsusmsi produk-produk yang ramah lingkungan dengan mempertimbangkan praktik fair trade atau praktik alternatif yang menjalankan prinsip agar produsen dan konsumen (kedua belah pihak) sama-sama diuntungkan.

Seperti dilansir pada The Wall street Journal, Sekitar 79% konsumen Indonesia diklaim lebih sadar terhadap cara mengkonsumsi ramah lingkungan. Sedangkan, Cina serta Malaysia tercatat mencapai 74%, disusul Thailand sekitar 73,6% dari konsumennya yang sudah aware terhadap isu lingkungan hidup, mengingat tingginya tuntutan untuk mengkonsumsi produk ramah lingkungan yang sedikit menghasilkan limbah (zero waste).

Sementara itu, Selandia Baru memiliki persentase sekitar 33,6%, dan berada di bawahnya, Australia sekitar 29,2%. Kedua Negara tersebut merupakan urutan terbawah, yang konsumennya tidak selektif dalam menggunakan suatu produk.

“Pertumbuhan pesat yang dialami banyak pasar berkembang kerap dirasa tak terencana dan mengganggu. Hal demikian meningkatkan keprihatinan akan dampak terhadap lingkungan dan masyarakat setempat. Ini mungkin menjadi kunci mengapa konsumen di pasar berkembang lebih bijaksana saat membeli produk,” ujar Georgette Tan, kepala komunikasi MasterCard Asia-Pasifik. (Fahrum Ahmad)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *