Menteri Siti dan Timor Leste Akan Lakukan Terobosan DAS Lintas Negara

 Menteri Siti dan Timor Leste Akan Lakukan Terobosan DAS Lintas Negara

Meneteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya saat melakukan penanaman pakan kupu-kupudi Taman Wisata Bantimurung (Gambar: mongabay)


Medialingkungan.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya kunjungi Republik Demokratik (RD) Timor Leste untuk serahkan bibit pohon sekaligus bahas rencana pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) lintas negara.

Tidak hanya RD Timor Leste ada juga Dirjen Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung, Hilman Nugroho, Danjen Kopassus Mayjen TNI, Doni Monardo serta Wakil Asisten Teritorial KASAD Brigjen TNI, Marga Taufiq.

Di Timor Leste, Menteri Siti akan melaksanakan inisiasi penyusunan rencana pengelolaan DAS lintas negara. Kompleksitas permasalahan dalam pengelolaan DAS, khususnya DAS lintas negara, tidak dapat diselesaikan satu negara yang berada di hulu atau hilir saja, melainkan harus bersifat bilateral, seperti yang dikabarkan metro, Selasa (28/07).

Melalui rencana yang ingin dilakukan Menteri Siti, dengan kerjasama yang optimal serta terususnnya rencana pengelolaan DAS lintas negara dapat diimplementasikan pada lokasi.

Agenda Menteri Siti selama di Timor Leste adalah melakukan penyerahan bibit hasil kebun persemaian kepada perwakilan pemerintah.

Sebanyak 50.000 batang pohon telah disiapkan oleh TNI AD melalui Paguyuban Budiasi dengan jenis sengon, trembesi, ketapang, sirsak, nangka, mahoni dan cendana. Hal ini merupakan program yang telah dicanangkan sebelumnya, yaitu Hijau Untuk Timor Leste “Green For Timor Leste”. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *