Petani Turki Ciptakan Terobosan Demi Peroleh Informasi Melalui Gadget

 Petani Turki Ciptakan Terobosan Demi Peroleh Informasi Melalui Gadget

Para petani yang memanfaatkan panel surya demi memperoleh informasi (gambar:dok)


Medialingkungan.com – Para petani di pedesaan Izmir, Turki, membuat sebuah terobosan di bidang teknologi, membuat pembangkit tenaga matahari yang ditarik oleh seekor keledai. Terobosan ini didasari atas minimnya pembangkit tenaga listrik di wilayah tersebut.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Senin (30/06), dengan ide ini para petani tetap bisa mengarungi dunia di Internet melalui pitanti gadget mereka. Selain cemerlang – tentu ini sangat ramah lingkungan.

Menurut laporan tersebut, pembangkit ini bisa memberi cadangan energi sebesar 5-7 kilowatt. Para petani menempatkan panel surya di punggung-punggung keledai kemudian membiarkan kedelai berjalan-jalan di bawah sinar matahari hingga panel terisi penuh, lalu men-charge baterai laptop dan gadget lainnya sehingga petani itu bisa memperoleh onfpormasi melalui jejaring di Internet.

Faktanya adalah untuk mengisi baterai ponsel hanya dibutuhkan sekitar enam watt saja. Satu panel ini bisa mengisi seribu ponsel sekaligus sampai penuh.

Pemerintah Turki juga telah menggelontorkan dana untuk pengadaan panel surya di beberapa tempat publik. Panel ini diproduksi oleh perusahaan Ser Gun seharga Rp 26,9 juta. Direktur Ser Gun, Tamer Ugurluel, mengatakan bantuan ini merupakan proyek kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, pemerintah provinsi, dan masyarakat Desa Izmir. (MFA)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *