Plt Gubernur Riau Lamban, Menteri LHK Turun Tangan

 Plt Gubernur Riau Lamban, Menteri LHK Turun Tangan

Aksi penanggulangan saat kebakaran hutan di Riau (Gambar: bp)


Medialingkungan.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya dijadwalkan berkunjung ke Provinsi Riau, (05/05) untuk meninjau persiapan daerah menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang diprediksi terjadi pada musim kemarau pertengahan tahun 2015.

“Benar, Ibu Menteri LHK akan melakukan kunjungan kerja ke Riau terkait persiapan pencegahan Karhutla,” ujar Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, Kemal Amas, seperti yang dilansir antaranews, Senin (04/05).

Kemal mengungkapkan, Siti Nurbaya akan menginap semalam di Pekanbaru, dan memimpin rapat persiapan pencegahan karhutla bersama pemerintah daerah dan para pemangku kebijakan.

“Intinya, kedatangan Menteri adalah untuk mendorong pihak daerah untuk lebih siap, dan mengkoordinasikan semua pihak, baik instansi pusat maupun daerah supaya menyiapkan dan berperan sesuai tupoksinya masing-masing,” ucapnya.

Siti Nurbaya setelah dipercaya menjabat Menteri LHK sering berkunjung ke Riau, khususnya untuk membahas penanggulangan kebakaran lahan dan hutan yang sudah 17 tahun terakhir mendera Riau, katanya.

Menurut Kemal, Siti Nurbaya juga mendorong agar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menetapkan status “Siaga Darurat” kebakaran lahan dan hutan saat sejumlah daerah di pesisir Riau mengalami kebakaran hebat pada awal tahun ini.

Ia menambahkan, kedatangan Menteri LHK kali ini kemungkinan besar terkait dengan lambannya Plt Gubernur Riau untuk memperpanjang masa status siaga darurat yang habis pada 31 Maret lalu. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *