Jokowi dan PM Norwegia Bersama-sama Ingin Melanjutkan REDD+

 Jokowi dan PM Norwegia Bersama-sama Ingin Melanjutkan REDD+

Presiden Jokowi memperhatikan Perdana Menteri Norwegia, Erna Solberg saat menandatangani nota di Istana Merdeka, Jakarta (Gambar: static6)


Medialingkungan.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Norwegia, Erna Solberg di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (14/04). Dalam pertemuan bilateral kedua negara tersebut, sejumlah kesepakatan telah berhasil dicapai.

Kesepakatan yang berhasil dicapai mencakup bidang lingkungan hidup, kelautan dan maritim, energi terbarukan, dan pendidikan. Dalam kunjungan Erna Solberg yang pertama kalinya berkunjung ke Indonesia, Jokowi mengutarakan negara Norwegia adalah mitra penting bagi Indonesia di bidang lingkungan hidup, energi, perikanan, maritim, dan hak asasi manusia.

“Indonesia dan Norwegia memiliki karakter yang sangat berbeda jika dilihat dari letak geografis, ukuran penduduk dan bidang kapasitas ekonomi. Walau pun demikian, kedua negara juga memiliki banyak kesamaan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai universal, antara lain demokrasi dan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Kombinasi ini yang menjadikan hubungan kedua negara sangat erat, bersahabat, dan saling mendatangkan manfaat,” ujar Jokowi dalam pernyataan bersama dengan Solberg, seperti yang dilansir Kompas.com.

Presiden ke-7 itu mengungkapkan, kedua negara telah sepakat untuk melanjutkan kerja sama REDD+ yang pelaksanaannya telah dimulai sejak tahun 2010.

Bulan Januari tahun 2015 Jokowi bubarkan lembaga itu dan selanjutnya tugas pengurangan emisi karbon ini berada di bawah kendali Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK).

“Norwegia begitu menghargai komitmen Indonesia untuk penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 26%-41% pada tahun 2020, serta beberapa kebijakan affirmative lainnya,” ucapnya. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *