Satelit Sentinel-2A Bantu Prediksi Hasil Panen

 Satelit Sentinel-2A Bantu Prediksi Hasil Panen

Hasil pratinjau yang diambil oleh Airbus pada tahun 2014 (Gambar: Airbus Defence)


Medialingkungan.com – Satelit Eropa yang bernama Sentinel-2A untuk program pengamatan bumi telah diluncurkan. Misi satelit tersebut bertujuan mengambil foto-foto permukaan planet dalam cahaya jelas dan infrared.

Sentinel-2A adalah optik observasi bumi satelit dalam program Eropa Copernicus. Data satelit itu akan merekam semua kejadian seperti pertumbuhan kota-kota besar hingga dampak kerusakan bencana alam seperti gempa bumi, sunami, dan banjir. Namun Sentinel-2A memiliki peran khusus yaitu pemantauan kinerja tanaman pangan dunia.

Sensor kameranya telah dirancang untuk mendeteksi panjang gelombang cahaya spesifik yang menunjukkan kesehatan tanaman beserta kesuburannya. Informasi itu kemudian digunakan untuk memperingatkan lembaga-lembaga pertanian dan makanan internasional bila terjadi panen yang buruk dan adanya potensi kelaparan yang berkepanjangan.

Direktur observasi Bumi di European Space Agency (ESA), Volker Liebig mengungkapkan kami memiliki 13 band spektral termasuk empat yang disebut ‘tepi merah’ di mana tanaman, dan klorofil misalnya, memantulkan cahaya dan menunjukkan aktivitas tanaman, seperti yang dilansir, BBC.

“Hal ini sangat penting untuk memantau makanan dan, bagi saya, aplikasinya untuk keamanan pangan akan menjadi salah satu kegunaan paling penting Sentinel-2. Ini akan membantu Program Pangan Dunia (WFP) memprediksi panen buruk,” ucap dia.

Senada dengan Volker, Manajer Proyek Sentinel-2 dari ESA, Francois Spoto mengatakan, dengan menggunakan dua satelit mereka bisa mengorbit di atas khatulistiwa setiap lima hari, dan pada pertengahan garis lintang, seperti di atas Negara Prancis dan Inggris mereka bisa mengorbit setiap tiga harinya.

“Sentinel-2 memiliki sejumlah terobosan teknologi. Peralatannya termasuk gabungan struktur monolitik silikon karbida terbesar yang pernah direkayasa pada saat ini, dan juga sistem kendali sistem orbit yang sangat tepat yang memastikan foto-foto berkualitas tinggi,” ucapnya. (Iswanto)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *