Status Gunung Sinabung Naik Menjadi “Awas”

 Status Gunung Sinabung Naik Menjadi “Awas”

Erupsi gunung SInabung pada April 2015 (Gambar : Hariansumut)


Medialingkungan.com – Aktivitas vulkanik Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami peningkatan volume kubah lava dalam dua hari terakhir. Lebih dari 3 juta m2 jumlah peningkatan kubah lava yang kondisinya belum konstan atau masih terus akan bertambah.

Kepala Badan Geologi, Surono, telah melaporkan situasi ini kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Saymsul Maarif pada Selasa (02/06), pukul 23.00 WIB. Menurut laporan tersebut, kubah lava yang dibentuk Gunung Sinabung berpotensi menimbulkan guguran kubah yang diikuti awan panas ke arah selatan dan tenggara dengan radius 7 km dari puncak kawah. Sehingga Surono menaikkan status Gunung Sinabung dari “siaga” menjadi “awas”.

Dengan kenaikan status ini, masyarakat yang bermukim pada radius 7 km arah selatan dan tenggara, mulai dari Pasarpinter Gurukinayan, Simpang Sibintun/Perjumaan Batukejan, Jembatan Lau Bunaken Tigapancur, Desa Tigapancur, Perjumaan Tigabogor, dan Desa Pintubesi diimbau untuk melakukan evakuasi ke wilayah yang lebih aman.

Selain imbauan untuk evakuasi, Surono juga menyarankan untuk menutup akses jalan jika terlihat serangkaian gejala erupsi awan panas. Jalan yang masuk dalam daftar penutupan, antara lain Jalan Raya Simpang – Gurukinayan – Simpang Sibitun – Jembatan Lau Bunaken Tigapancur – Ojolali – Tigapancur – Simpang Bagading, dan Perjumaan Tigabogor.

Seperti dilansir dari Beritasatu, Kepala BNPB telah berkoordinasi dengan Bupati Karo untuk memerintahkan Kepala Badan Pelayanan Pendapatan Daerah (BPBD) Karo, yang dibantu TNI, Polri, dan unsur lain untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan status awas ini. Gunung Sinabung terus bergolak secara fluktuatif sejak meletus pada 15 September 2013 hingga sekarang. Status awas pernah diberlakukan pada 23 November 2013 – 8 April 2014. Setelah itu status turun menjadi “siaga”. (Fahrum Ahmad)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *