Surat Edaran Paus Fransiskus Terkait Isu Perubahan Iklim

 Surat Edaran Paus Fransiskus Terkait Isu Perubahan Iklim

Paus Fransiskus saat ia tiba untuk bertemu organisasi pramuka di alun-alun Santo Petrus di Vatikan (Gambar: Dailymail.co.uk)


Medialingkungan.com Kepala Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus akan memanggil semua orang untuk menjadi “pelayan penciptaan” pada hari Kamis (18/06) dalam ensiklik kepausan yang akan membahas masalah-masalah dalam hubungan antara manusia dengan lingkungan hidup, termasuk mengenai masalah perubahan iklim.

Ensiklik adalah surat edaran atau pesan tertulis dari paus kepada semua uskup, yang memuat pandangan paus mengenai ajaran gereja yang berkaitan dengan masalah penting di bidang keagamaan atau sosial.

Seperti yang dikutip dari Reuters.com, suatu keharusan moral membuat perlindungan lingkungan hidup, intervensi itu bisa memacu 1,2 miliar umat Katolik untuk melobi para pembuat kebijakan tentang isu-isu ekologi.

Paus Fransiskus menginginkan dokumen, yang disebut “Laudato Si (Jadilah Terpuji), Di Perawatan Rumah Besar Kita,” untuk menjadi bagian dari perdebatan besar mengenai perubahan iklim pada pertemuan puncak PBB akhir tahun ini.

“Tanggung jawab lebih besar untuk rumah (Bumi) yang Tuhan telah percayakan kepada kita,” ucap Paus Fransiskus.

Senada dengan Paus Fransiskus, Aktivis lingkungan katolik, Yeb Sano berasala dari Filipina mengungkapkan ensiklik dari Paus akan menjadi landasan moral untuk merawat lingkungan dan bertindak menangani masalah perubahan iklim.

Kami menantikan dukungan resmi paus dalam isu perubahan iklim menjelang Konferensi Perubahan Iklim yang akan diadakan di Paris akhir tahun ini, katanya. Dia menambahkan, meskipun tak satu pun aktivis perubahan iklim akan dapat mengklaim kemenangan total terhadap keadaan ini. (Mirawati)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *