Tiongkok Segera Luncurkan Pemantau Polusi Udara

 Tiongkok Segera Luncurkan Pemantau Polusi Udara

Polusi Udara yang Terjadi Di Tiongkok (Gambar: kabar24)


Medialingkungan.com – Pemerintah Tiongkok segera meluncurkan pemantau polusi udara berbasis super komputer pada bulan Desember 2014 guna memaksimalkan penanganan polusi di negara tersebut. Media setempat melaporkan bahwa alat pemantau itu dirancang untuk dapat memperkirakan secara akurat kadar polusi yang akan dihadapi dalam tiga hingga tujuh hari ke depan.

Alat pemantau polusi hasil pengembangan bersama Sugon Corp, Institut Fisika dan Atmosfer Akademi Iptek Tiongkok, Pusat Pemantau Lingkungan Nasional Tiongok dan Universitas Tsinghua itu juga dapat melacak sumber polusi dan menganalisisnya. Tidak hanya itu, berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan dianalisis, dapat dihasilkan rekomendasi untuk mengontrol dan mengatasi kabut asap menjadi lebih efektif.

Negara Tiongkok adalah salah satu negara penyumbang polusi udara terbesar di dunia. Polusi udara yang parah itu dikarenakan asap dari industri batu bara yang menjadi sumber utama negara tersebut.

Dalam sebuah studi yang dilakukan Universitas Tsinghua, disebutkan polusi di sebuah negara Tiongkok telah menewaskan 670.000 orang pada tahun 2012.

Hasil studi itu menyatakan polutan kecil batu bara, terutama yang lebih kecil dari 2,5 mikrogram, merupakan penyebab kematian 670.000 warga Tiongkok yang dipicu empat penyakit mematikan, antara lain stroke, kanker paru-paru, jantung koroner, dan penyakit paru obstruktif kronik.” Pasokan energi batu bara di Tiongkok masih akan tinggi hingga 2040,” menurut laporan majalah Time. (AH)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *