Unik, Kelompok Tani Yogyakarta Kembangkan Wisata Hutan Lindung

 Unik, Kelompok Tani Yogyakarta Kembangkan Wisata Hutan Lindung

Ilustrasi (Gambar: bp)


Medialingkungan.com – Kelompok Tani di wilayah Girinyono, Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta memiliki cara unik dalam menjaga kawasan hutan lindung. Mereka saat ini mengembangkan wisata hutan lindung. Ketua kelompok tani, Parijan, mengungkapkan “pengembangan hutan lindung menjadi tempat wisata Hutan Kemasyarakatan Mandiri (HKM) itu sebenarnya telah dimulai pada tahun 2003. Namun, saat itu hanya mendapat izin selama lima tahun.”

Parijan menambahkan dengan bantuan pendampingan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang pelestarian hutan, pengelolaan wisata hutan tersebut akhirnya mendapat perpanjangan izin hingga 35 tahun mendatang.

Menurut Parijan, sementara ini lokasi wisata hutan lindung masih dalam pembenahan. Warga bekerja bakti secara rutin untuk membangun dan menambah beberapa fasilitas di dalam area tersebut. Disebutkan, sejak dikelola, area hutan lindung itu kini mulai menunjukkan perkembangan yang baik terkait kelestarian tanaman hutannya.

“Hutan kini semakin rimbun.Dengan dibentuknya wisata hutan lindung ini masyarakat akan semakin menjaga hutan dan melestarikannya” kata Parijan. (AH)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *