Menjaga Terumbu Karang Dengan Konser Musik Selama Empat Jam

 Menjaga Terumbu Karang Dengan Konser Musik Selama Empat Jam

Menjaga Terumbu Karang Dengan Cara Konser Musik (Gambar:istimewa)


Medialingkungan.com – Kegiatan tahunan konser musik di bawah laut kembali di selenggarakan di Looe Key Reef di Amerika Serikat, Senin (14/7/2014).

Sekitar 500 penyelam dan perenang melakukan aksi yang sangat mengagumkan dalam konser ini.

Konser bawah laut ini dilakukan untuk memeriahkan acara tahunan Lower Keys Underwater Music Festival yang ke-30. Konser yang unik ini berlangsung selama empat jam dengan memainkan musik-musik terkenal dari seluruh dunia.

“Kami memulai ini sebagai seni dan acara budaya 30 tahun yang lalu,” kata pendiri acara dan koordinator, Bill Becker.

“Ini adalah satu-satunya tempat yang bisa kita kunjungi jika ingin mendengarkan musik ketika sedang di bawah air bagi para penyelam, perenang, dan biota laut lainnya,” tambahnya.

Becker menjelaskan, selain menawarkan pengalaman yang tidak biasa untuk menyelam dan snorkeling, acara ini bertujuan untuk mempromosikan perlindungan terumbu karang.

“Kami mencoba untuk memberikan informasi kepada para penyelam untuk menyadari dampaknya terhadap terumbu karang, sehingga mereka bisa menjaganya dan karang ini bisa berada di sini untuk generasi mendatang,” Ujar Becker.

Sejumlah musik yang dimainkan dalam konser ini adalah lagu-lagu seperti Octopus’ s Garden dari The Beatles, soundtrack film Disney ‘The Little Mermaid’, dan soundtrack sebuah acara televisi Flipper.

Becker menambahkan, konser bawah laut ini dapat didengarkan sampai jarak 50 meter.

Salah seorang penyelam dari Munich, Jerman, Uli Clef, mengatakan bahwa dia sangat terkesan dengan warna dan ikan tropis yang hidup di bawah air.

“Saya telah melihat warna dari merah ke biru, dan bahkan nuansa matahari yang datang dari garis air. Semua ikan berwarna-warni dan terlihat sangat sempurna,” kata Clef.

Yang unik dari konser ini yaitu ketika beberapa penyelam memakai berbagai macam jenis kostum dan berpura-pura memainkan alat musik yang diukir oleh seorang seniman asal Florida Keys,  August Powers. Mereka melakukan aksi yang unik seakan-akan sedang melakukan konser.

Konser ini diharapakan dapat memberi peyadaran kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga dan melestarikan terumbu karang. Selain keindahannya dapat dinikmati, manfaatnya pun besar bagi lingkungan. (AH)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *