Badak Putih Utara, Satu Langkah Lebih Dekat Dengan Kepunahan

 Badak Putih Utara, Satu Langkah Lebih Dekat Dengan Kepunahan

Badak Putih (Gambar : Hehemahita.wordpress.com)


Medialingkungan.com – Kebun binatang San Diego Zoo Safari Park, California, Amerika Serikat berduka. Salah satu badak putih utara yang diberi nama Angalifu mati pada hari Minggu, 14/12/2014.

Salah seorang petugas yang bekerja di Kebun Binatang San Diego, Randy Rieshes dalam berita yang dilansir oleh planetark.org mengatakan Angalifu mati karena faktor usia. Dia menuturkan badak putih ini sudah berusia 44 tahun dan pada saat itu sedang dirawat berhubungan dengan umurnya yang sudah cukup tua.

“Kematian Angalifu merupakan pukulan terberat bagi kami. Bukan hanya karena ia sangat dicintai di kebun binatang ini, namun kematiannya membuat spesies badak putih utara satu langkah lebih dekat dengan kepunahan,” ucap Randy yang bertugas sebagai penjaga mamalia Kebun Binatang San Diego.

Badak tersebut merupakan salah satu dari 6 badak putih utara yang masih ada di dunia. Kematian Angalifu membuat spesies ini semakin dekat dengan kepunahan. Saat ini spesies tersebut hanya berjumlah 5 jenis yang tersebar di seluruh dunia.

Badak putih ini mengalami kepunahan akibat perburuan liar. Sebagian dari mereka memburu badak ini untuk diambil culahnya yang dipercaya bagi masyarakat dapat berkhasiat bagi kesehatan dan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Pihak Kebun Binatang California yang masih memiliki satu koleksi jenis spesies badak putih utara ini mengatakan bahwa jenis badak putih ini masih terdapat pada beberapa kebun binatang di seluruh dunia. Satu jenis terdapat di kebun binatang Eropa dan tiga lainnya terdapat di kebun binatang di Afrika

Beberapa ilmuan di kebun binatang telah menyimpan sperma dan jaringan testis badak jantan dengan harapan bahwa ilmu pengetahuan modern dapat mengembangkan teknologi baru agar memungkinkan pemulihan spesies bagi badak putih utara yang sudah terancam punah. (UT)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *