BNPB Luncurkan Dua Program Pencegahan Karhutla Riau

 BNPB Luncurkan Dua Program Pencegahan Karhutla Riau

Pesawat CN 295 milik TNI AU yang akan digunakan untuk modifikasi cuaca di Provinsi Riau (gambar:3.bp.blogspot.com)


Medialingkungan.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan dua program upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. Kedua program tersebut yakni teknologi modifikasi cuaca dan penyekatan kanal liar.

Teknologi modifikasi cuaca dilakukan untuk menghasilkan hujan buatan dengan menyemai awan dengan garam (NaCl). Dalam proses penyemaian awan tersebut, akan digunakan pesawat CN-295 milik TNI AU yang dilengkapi peralatan canggih dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Sedangkan program penyekatan kanal liar dilakukan untuk menjaga agar kondisi lahan gambut tidak cepat mengering. Pembuatan kanal liar tersebut ditargetkan sebanyak 1000 kanal dengan rata-rata biaya pembuatan satu kanal sebesar Rp 15 juta.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, saat kunjungannya ke Propinsi Riau pada Senin (22/6), mengungkapkan kedua upaya tersebut perlu segera dilakukan mengingat hingga Oktober mendatang, Riau berstatus Siaga Darurat Kebakaran akibat fenomena El Nino yang diperkirakan menyebabkan kemarau panjang hingga akhir tahun ini.

“Pada prinsipnya upaya ini untuk menjaga agar gambut tetap kering. Mumpung sekarang masih ada awan, kita hajar dengan teknologi modifikasi cuaca supaya terjadi hujan,” ucapnya dikutip dari Beritasatu.com.

Untuk kedua program ini, BNPB mengeluarkan dana sekitar Rp 40 miliar. Masing-masing dana untuk teknologi modifikasi cuaca dan penyekatan kanal liar yakni sebesar Rp 25 miliar dan Rp 15 miliar.

“Alokasi berasal dari dana siap pakai,” ujar Syamsul Maarif, pada peluncuran program tersebut di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. (Irlan)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *