Ditemukan Empat Senyawa Baru Perusak Ozon

 Ditemukan Empat Senyawa Baru Perusak Ozon

ilustrasi (gambar:medialingkungan)


Medialingkungan.com – Empat senyawa baru perusak ozon ditemukan oleh para peneliti. Keempat senyawa tersebut berada diluar kontrol Protokol Montreal 1987 yaitu kesepakatan internasional untuk melindungi lapisan ozon dengan memangkas produk bahan kimia yang merusak ozon yang hingga kini memantau 13 CFC dan HCFC.

Dr. Johanes Laube, University of East Anglia menyebutkan ada banyak senyawa yang berpotensi merusak ozon diluar sana. Hingga kini mereka melakukan serangkaian analisis senyawa baru yang berpotensi berbahaya. Dan mereka menemukan keempat senyawa yang paling kuat merusak ozon.

Sebelumnya pada bulan Desember , para peneliti NASA menemukan gas rumah kaca baru yang 7000 kali lebih kuat dalam memanaskan bumi dibandingkan karbondioksida (CO2). Dan keempat baru tersebut diidentifikasi mampu menjebak panas ribuan kali lebih besar dari karbondioksida (CO2).

Kondisi ini tentu mengkhawatirkan, khususnya pada upaya pemulihan lubang ozon 2050. Pantauan terakhir ukuran rata-rata lubang di lapisan ozon September-Oktober 2013 ialah 21 juta kilometer persegi.

Ancaman baru ozon ini, perlu mendapat perhatian agar sumber-sumber CFC baru dari industri kimia di perketat dan terus diawasi. (BUL)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *