Hujan Ekstrim di Kashmir Renggut 17 Nyawa

 Hujan Ekstrim di Kashmir Renggut 17 Nyawa

India saat ini tengah mengalami curah hujan ekstrem akibat perubahan iklim (Gambar: Reuters/Danish Ismail)


Medialingkungan.com – Hujan lebat disertai dengan longsor di wilayah Kashmir, India, pada Selasa (31/03). Intensitas hujan dikhawatirkan menimbulkan banjir bandang di bagian utara pegunungan negara tersebut.

Seperti yang diberitakan Reuters, sebanyak 15 orang tewas ketika longsor terjadi di desa Ledhan, sekitar 40 km dari ibukota Srinagar, terjadi sebelum fajar pada hari Senin.

Sementara itu,dua lainnya tewas dalam banjir bandang di wilayah lain dari Kashmir.

Beradsarkan keterangan polisi setempat dikatakan bahwa hujan ekstim ini sudah merenggut 17 jiwa secara keseluruhan.Aparat kepolisian dibatu tentara dan warga sekitar terus berupaya mencari korban yang masih hilang akibat tertimbun reruntuhan.

“Kami masih mencari satu orang lagi yang masih tertimbun,” kata Fayaz Ahmad Lone, inspektur polisi setempat.

Ratusan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka ketika sungai utama Kashmir mulai meluap dan ramalan cuaca memprediksikan hujan lebat akan terjadi di daerah yang dilanda banjir tujuh bulan yang lalu itu.

Berdasarkan studi Badan Meteorologi Tropis Institut Indiadari data 50 tahun terakhirdikatakan bahwa India mengalami curah hujan lebih ekstrim akibat perubahan iklim global.Beberapa bulan terakhir merupakan bulan terbasah dala kurun waktu satu abad.

Selain itu, dalam beberapa pekan terakhirditemukan banyak kasus petani yang bunuh diri akibat frustasi. Hal ini disebabkan kerusakan tanaman pertanian, sehingg para petani ini gagal memanen padi-padinya. (Mirawati)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *