JK Mengajak Seluruh Pihak Dalam Lindungi Hutan

 JK Mengajak Seluruh Pihak Dalam Lindungi Hutan

Hutan Indonesia tiap harinya terdegradasi (Gambar: kanalsatu)


Medialingkungan.com – Kondisi hutan saat ini khususnya di Indonesia makin hari makin terdegradasi, apa lagi hutan sebagai penyeimbang maka dari itu semestinya kita menjaga dengan baik hutan guna mencegah atau memperlambat perubahan iklim, hal itu disampaikan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) dalam pembukaan Pekan Lingkungan dan Kehutanan Indonesia (PLKI) ke-19 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

JK mengungkapkan, Indonesia sangat berperan penting dalam menjaga perubahan iklim, untuk itu diperlukan partisipasi aktif dari semua pihak dalam melaksanakan aturan kehutanan yang berlaku sehingga hutan dapat dikelola dengan baik.

“Hutan itu berfungsi untuk keseimbangan, kita butuh air, dan akar menyimpan air untuk dialirkan ke bagian lain. Kita masih beruntung, karena masih ada sisa kehijauan. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, ya Climate Change,” ujar JK, seperti yang dilansir halloriau, Jumat (19/06).

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengatakan kegiatan pameran ini merupakan ajang sosialisasi dan menunjukkan kinerja dan pencapaian yang diperoleh dari berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat di bidang pembangunan lingkungan hidup serta kehutanan.

“Sehingga diharapkan adanya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan lingkungan dan kehutanan, khususnya tentang pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan,” ucapnya.

Pameran Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia ini merupakan agenda rutin terbesar yang diselenggarakan setiap tahun dan kali ini merupakan PLKI ke-19 yang diselenggarakan mulai Kamis (18/06) hingga Minggu (21/06) di Jakarta. Event yang berlangsung selama 4 hari ini mengusung konsep “Zero Waste Event” yang diikuti sebanyak 262 peserta, terdiri dari pemerintah atau instansi pusat, daerah, serta LSM.

Kegiatan tersebut bertemakan ‘Mimpi dan Aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi’. Tema ini mengikuti tema hari lingkungan hidup sedunia, World Environment Day 2014 yang dikeluarkan oleh badan lingkungan hidup Perserikatan bangsa-bangsa, United Nations Environment Programme (UNEP) yaitu “Seven Billion Dreams, One Planet dan Consume with Care”.

Selaras dengan tema yang dibuat, sejumlah perusahaan yang berada di Riau seperti Badan Lingkungan Hidup (BLH) Propinsi Riau dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menampilkan konsep pengelolaan hutan secara berkelanjutan dan pencegahan lingkungan dari ancaman kerusakan seperti kebakaran hutan dan lahan. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *