Merpati Endemik Terkena Parasit Protozoa, Warga Diminta Turun Tangan

 Merpati Endemik Terkena Parasit Protozoa, Warga Diminta Turun Tangan

Merpati yang Terkena Penyakit di California (Gambar: pixabay)


Medialingkungan.com – Pada bulan Desember yang lalu hingga saat ini masih saja terjadi kematian burung merpati endemik di California, yang jumlahnya sudah tak diketahui lagi. Otoritas Satwa Liar California meminta para warga untuk melapor apabila mereka melihat adanya unggas yang mati atau sakit di sekitar halaman mereka.

California Department of Fish and Wildlife (CDFW) mengungkapkan bahwa kematian burung merpati tersebut disebabkan oleh penyakit Avian Trichomonosis. Penyakit ini adalah parasit protozoa yang bersel tunggal.

Parasit protozoa itu menginfeksi burung merpati melalui mulut dan tenggorokan burung. Infeksi tersebut menyebabkan lesi pada sekitar mulut dan tenggorokan burung yang nantinya akan menyulitkan burung tersebut menelan makanannya. Burung yang terinfeksi akan mati kelaparan atau mati lemas karena kekurangan makan.

CDWF menduga bahwa protozoa parasit tersebut disebarkan oleh merpati jenis lain yang tidak endemik atau biasa juga disebut sebagai merpati kota. Merpati jenis ini berasal dari Amerika Utara dan Eropa.

“Laboratorium Departemen Investigasi Satwa Liar menginginkan masyarakat waspada akan fenomena inidan melaporkan kepada pihaknya apabila menemukan bunrung yang sakit atau mati,” ujar Ilmuan Lingkungan CDFW, Krysta Rogers.

Krysta menyarankan bahwa jika setiapwarga mengamati unggasyang sakit atau mati di halamanmereka, agar dapat meminimalkan penularan penyakit burung merpati dengan menghapus sumber makanan dan air seperti tempat mandi burung, air mancur, dan para pengumpanburung. (UT)

 


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *