Pemerintah Swedia Usulkan Pajak Iklim Penerbangan

 Pemerintah Swedia Usulkan Pajak Iklim Penerbangan

Aktifis lingkungan mengatakan emisi dari pesawat terbang menyumbang terhadap pemanasan global dan harus dibatasi (Gambar: Huffington Post)


Medialingkungan.com – Sebuah komisi yang ditunjuk Pemerintah Swedia merekomendasikan Pajak Iklim Penerbangan pada Rabu (30/11) bahwa maskapai penerbangan yang beroperasi di Swedia harus membayar pajak antara 80 hingga 430 krona Swedia (atau sekitar Rp 120.000 hingga Rp 630.000) per-penumpang dan penerbangan untuk mengimbangi emisi karbon.

Seperti dilansir oleh Reuters, salah satu retribusi yang diupayakan meliputi biaya penerbangan domestik yang akan naik 80 krona Swedia dan penerbangan internasional 280 hingga 430 krona Swedia, tergantung pada jarak penerbangan tersebut.

Berdasarkan aturan saat ini di negara Nordic, maskapai penerbangan akan membayar pajak nilai tambah sebesar 6 persen pada penerbangan domestik, sementara penerbangan internasional dibebaskan dari PPN.

Rencana pemerintah yang ingin menangguhkan peraturan ini guna menciptakan niat baik dalam dialog global dalam membatasi polusi akibat pesawat terbang, dikritik oleh partai-partai oposisi yang mengatakan pajak itu hanya sedikit mengurangi karbon dioksida dan akan lebih merugikan industri penerbangan.

Oleh karena itu, pemerintah diharapkan dapat membuat suatu bentuk proposal, dalam anggaran musim gugur mereka berikutnya di Oktober 2017.

Komisi mengusulkan agar pajak mulai berlaku pada 1 Januari 2018, dan mengatakan bahwa diharapkan untuk menaikkan pendapatan Negara sekitar 1,75 Miliar krona Swedia per tahun. (Mirawati)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *