Pertamina Mesti Mampu Bersaing di Sektor Hulu Minyak dan Gas Bumi Dunia

 Pertamina Mesti Mampu Bersaing di Sektor Hulu Minyak dan Gas Bumi Dunia

Pertamina (gambar:istimewa)


Medialingkungan.com – Peningkatan produksi minyak PT Pertamina (Persero) sangat diharapkan bagi pendapatan negara. Akhir-akhir ini produksi minyak Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang tidak mencapai target yang ditetapkan.

Maka dari itu PT Pertamina (Persero) sangat diharapkan mampu mendorong keunggulan yang dimiliki atau kompetensi inti (core competency) di sektor hulu (upstream) minyak dan gas bumi. Tujuannya agar tidak hanya menjadi penguasa di dalam negeri saja.

Pengamat ekonomi energi Darmawan Prasodjo mengatakan, selama ini kompetensi inti Pertamina masih kurang terbangun di upstream. Untuk itu, perlu peningkatan kualitas kepemimpinan di bidang hulu di Pertamina.

“Selain itu, penggunaan teknologi masa lampau harus seluruhnya digantikan dengan teknologi termutakhir. Ini agar core competency bisa terbangun,” ujar Darmawan Prasodjo yang dilansir tribunews.com, Rabu (23/7/2014).

Tambahnya lagi, negara perlu memberikan dukungan penuh terhadap badan usaha milik negara (BUMN) agar maju dan tidak hanya menguasai di tingkat domestik, namun bersaing di tingkat internasional

Saat ini, rata-rata produksinya sekitar 115 ribu barel per hari dari target sebesar 128 ribu barel per hari pada 2014 ini.

“Untuk itu, diperlukan dukungan dari kepemimpinan nasional baik secara politik, kebijakan, capital, dan strategi agar Pertamina bisa menjadi perusahaan energi internasional,” jelasnya.

Khusus di dalam negeri, menurut dia, kebijakan tersebut dibutuhkan agar Pertamina memiliki akses ke blok-blok migas yang lebih kecil resikonya.

“Selama ini Pertamina memiliki akses terhadap sumur-sumur tua. Apabila punya core competency, maka bisa merevitalisasi sumur-sumur yang sudah tua. Tapi nyatanya, saat ini recovery rig masih rendah,” ujar Darmawan. (DN)

 


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *