Cina Akan Atur Standar Emisi Kapal Laut Yang Masuk Beijing

 Cina Akan Atur Standar Emisi Kapal Laut Yang Masuk Beijing

Pengiriman lewat laut dominasi sektor pengiriman barang ke Cina (gambar: twfonline.ch)


Medialingkungan.com – Pemerintah Cina, melalui Departemen Lingkungan Hidupnya akan mengatur standar emisi kapal laut yang bisa beroperasi di wilayah Beijing. Hal ini dilakukan Pemerintah Cina menanggapi desakan masyarakat Beijing agar menekan polusi udara yang terjadi akibat pembakaran batu bara.

Departemen Lingkungan Hidup Cina kini tengah menunggu tanggapan masyarakat untuk menemukan model baru terkait standar kualitas bahan bakar yang digunakan sektor yang mendominasi jalur pengiriman barang di negeri tirai bambu tersebut.

Sebelumnya, sebuah kelompok lingkungan Amerika Serikat (AS) Oktober lalu, menyatakan sektor pengiriman adalah penyumbang signifikan polusi udara di Cina.

Xiong Yuehui, salah seorang pejabat Kementerian Lingkungan Hidup Cina seperti dilansir bussinessinsider.com mengungkapkan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sektor pengiriman barang melalui kapal laut sudah jelas.

Dia menuturkan Cina memiliki 172.600 kapal pada akhir 2013 lalu, yang menurut perkiraannya sektor tersebut menyumbang 8,4 persen emisi sulfur dioksida dan 11,3 persen emisi oksida nitrogen pada tahun 2013.

International Maritime Organization (IMO), sebuah organisasi yang mengawasi penggunaan bahan bakar kapal laut rendah sulfur secara global ini belum menyentuh benua Asia. Hingga saat ini, IMO baru mampu mengawasi penggunaan bahan bakar kapal laut di Amerika dan Eropa. (Irlan)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *