Menteri LHK Apresiasi Semangat Tanam Pohon dan Pelihara di Kab. Minahasa Selatan

 Menteri LHK Apresiasi Semangat Tanam Pohon dan Pelihara di Kab. Minahasa Selatan

Saat penanaman bibit pohon oleh ibu menteri LHK Siti Nurbaya (kiri), Didampingi Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu (tengah) dan Kapolres Minsel AKBP Benny Bawensel, SIK, MH (kanan) (Gambar: dephut)


Medialingkungan.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menyampaikan apresiasinya dan mendukung semangat penanaman dan pemeliharaan pohon yang dilaksanakan oleh masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, dikutip dari dephut.go.id, Kamis, (19/2).

“Gerakan penanaman dan pelihara pohon selain memberikan kontribusi terhadap penurunan tingkat emisi gas rumah kaca secara global, juga berperan dalam penurunan luas lahan kritis di Indonesia dari 30.196.802 Ha pada tahun 2005 menjadi 27.294.842 Ha pada tahun 2011 (berkurang 10 persen) dan pada tahun 2013 tercatat sebesar 24.303.294 Ha (berkurang 11 persen),” kata Siti Nurbaya.

Menurutnya penanaman pohon juga bermanfaat dalam pencegahan bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan kekeringan serta berdampak langsung guna meningkatkan kesejahteraan kelompok masyarakat utamanya di pedesaan pada berbagai daerah di Indonesia.

Sementara itu, Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Paruntu mengungkapkan “Penanaman dan pelihara pohon telah menjadi budaya masyarakat di Minahasa Selatan. Semangat gotong royong di dalam kehidupan bermasyarakat di Minahasa Selatan dikenal dengan istilah Mapalus yang dilandasi oleh ketulusan hati nurani, penuh kesadaran dan tanggung jawab untuk mencapai kesejahteraan.

Selama di Minahasa Selatan, Menteri LHK beserta rombongan meresmikan gedung BPDAS Tondano serta berkesempatan meninjau lokasi komoditi kayu cempaka Tareran serta Kebun Bibit Raya. Dan pada malam hari diselenggarakan kegiatan nonton bareng film Gerakan Tanam Pohon bersama jajaran Pemerintah Daerah serta masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan, ungkap Bupati Minahasa.

Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Paruntu berharap dapat menjadi tuan rumah pada puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia pada tahun 2015.

Dalam acara tersebut, Siti Nurbaya memberikan penghargaan untuk Kabupaten Minahasa Selatan sebagai Juara 1 Lomba Penanaman Pohon Tingkat Nasional Kategori Kabupaten pada puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia 2014. (IW)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *