2 Perusahaan Ban Asal Perancis Fokus Produksi Karet Alam

 2 Perusahaan Ban Asal Perancis Fokus Produksi Karet Alam

Orang yang lagi memanen hasil karet (Gambar: ngokos)


Medialingkungan.com – Perusahan ban asal Perancis Michelin Group bekerja sama dengan Group Barito Pacific saat ini akan memfokuskan karet alam yang ramah lingkungan. Dalam kerja sama yang dilakukan kedua perusahaan tersebut melibatkan reboisasi tiga area konsesi dengan jumlah luas area 88.000 hektar, seperti yang dikabarkan bisnis.com, Selasa (19/05).

Setengah dari area tersebut terletak di Provinsi Jambi dan bagian timur laut Kalimantan Timur. Lahan tersebut rencananya akan ditanami pohon karet untuk menghasilkan karet alam dengan kemungkinan hasil panen sekitar 80.000 ton per tahun.

Dari lahan tersebut dikabarkan akan dialokasikan sebuah lingkungan alami dan tanaman pangan masyarakat. Kedua perusahaan besar tersebut diharapkan menciptakan lebih dari 16.000 lapangan kerja lokal yang berkesinambungan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Proyek ini pun melibatkan organisasi non-pemerintah seperti WWF. Kerjasama dengan WWF meliputi promosi penerapan tata kelola perkebunan pohon karet dan ekstraksi serta transformasi lateks yang baik.

Selain itu perlindungan, pelestarian dan operasi restorasi untuk berbagai flora–fauna yang ada di dalam dan sekitar zona konsesi. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *