47 Ribu Hektar Lahan Sawit Milik PT Torganda Digusur Tanpa Perlawanan

 47 Ribu Hektar Lahan Sawit Milik PT Torganda Digusur Tanpa Perlawanan

Lahan kelapa sawit yang berada di Sumatera Utara (Gambar: mongabay)


Medialingkungan.com – Sekian lama menunggu, akhirnya eksekusi lahan perkebunan kelapa sawit yang dikuasai oleh PT Torganda milik pengusaha DL Sitorus segera dilaksanakan. Luas lahan yang akan dieksekusi pemerintah 47 ribu hektar di Padang Lawas, Sumatera Utara (Sumut).

Tim dari Kejaksaan Agung (Kejagung) telah tiba di Medan, untuk melakukan eksekusi tersebut, mereka kini tengah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk memuluskan eksekusi 47 ribu hektar lahan sawit milik pengusaha DL Sitorus, seperti yang dikabarkan okezone, Rabu(20/05).

“Kejaksaan, TNI, polisi, dan orang Pemerintah Provinsi sudah ada di Medan kemarin dan sudah berkunjung ke tempat kami,” ujar salah seorang PNS Dinas Kehutanan Pemprov Sumut yang enggan menyebutkan namanya.

Senada dengan PNS, Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sumut, Chandra Purnama, membenarkan rencana eksekusi tersebut. Menurutnya, eksekusi akan dilakukan kurang dari satu bulan ke depan.

Chandra mengungkapkan, eksekusi digelar nantinya, akan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pekerja yang sampai hari ini masih beraktifitas di lahan tersebut.

“Pasti ada sosialisasi lah. Kami ingin eksekusi ini tanpa perlawanan karena sudah berkekuatan hukum tetap. Makanya, berbagai pendekatan akan dilakukan. PT Torganda sendiri juga sudah menerima salinan putusan MA terkait lahan tersebut. Sehingga tak ada alasan mereka melawan,” ujarnya. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *