Presiden Jokowi Bentuk Tim Satuan Kelola Lahan Gambut

 Presiden Jokowi Bentuk Tim Satuan Kelola Lahan Gambut

Presiden Jokowi disaat meninjau lahan gambut yang habis terbakar (Gambar: cdnimage)


Medialingkungan.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membentuk badan dan satuan tugas untuk tangani kebakaran hutan dan lahan gambut yang terjadi di Indonesia. Tim satuan tugas ini akan bergerak cepat dalam menangani kebakaran hutan serta akan cepat mengembalikan fungsi hutan.

“Jadi, cepat bergerak, jangan sampai musim kering datang, kita belum bergerak,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi juga instruksikan ke seluruh jajarannya untuk meninjau kembali peraturan perundang-undangan demi mencegah kebakarn kembali. “Kita akan lakukan review terhadap beberapa peraturan perundangan, mulai dari UU dan PP, sampai Pergub yang membuka ruang bagi pembakaran hutan dan lahan gambut,” katanya, seperti yang dilansir tempo, (05/11).

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengungkapkan langkah-langkah yang mesti dilakukan seiring dengan mulai meredanya bencana asap, utamanya mengenai langkah pencegahan agar bencana tersebut tak lagi terulang.

Langkah yang diambil, misalnya peninjauan terhadap perizinan lahan gambut, penghentian pemberian izin kelola lahan gambut, penghentian land clearing, serta penghentian pembentukan kanal baru, katanya.

“Hal seperti ini kan harus dikendalikan betul,” ucapnya.

Menurut Siti, tim khusus akan terjun langsung ke lapangan. “Saya dan seluruh jajaran serta orang-orang di Pekerjaan Umum akan menjadi pengendali tim tersebut,” ujarnya. {Angga Pratama}


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *