Tiongkok Target Baru Perubahan Iklim

 Tiongkok Target Baru Perubahan Iklim

Ilustrasi (Gambar: doc)


Medialingkungan.com – Pemerintah Tiongkok kini sudah menyusun dokumen negara untuk menanggapi masalah perubahan iklim dan dokumen diserahkan ke sekretariat Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk di konvensi kerangka perubahan iklim, hasil pengumuman yang disampaikan oleh Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang dalam pertemuannya dengan presiden Prancis, Francois Hollande, di Paris, Selasa (30/06).

Lanjut pengumuman yang disampaikan Li Keqiang, dokumen tersebut memaparkan pendapat pihak Tiongkok mengenai proses dan hasil perundingan terkait Konferensi Perubahan Iklim PBB di Paris pada akhir tahun ini, dalam rangka memperlihatkan upaya terbesar Tiongkok dalam menanggapi perubahan iklim, dan ambil bagian dalam pembenahan global secara mendalam dan tanggung jawab pihak Tiongkok untuk mendorong perkembangan bersama manusia, seperti yang dilansir cri.cn, Rabu (01/07).

Sementara itu, Direktur Pusat Strategis Perubahan Iklim Nasional Tiongkok, Li Junfeng mengungkapkan, dokumen negara terkait perubahan iklim disusun berdasarkan prinsip ‘tanggung jawab bersama tapi berbeda’ dan sesuai kemampuan pribadi serta mempertimbangkan tahap perkembangan dan kemampuan realitas keadaan negara.

Dia menambahkan, peluncuran dokumen tersebut akan mendorong proses dunia dalam menanggapi perubahan iklim kedepannya.

Menurutnya, peluncuran dokumen tersebut target aksi pada tahun 2030, tidak saja merupakan aksi yang ditetapkan oleh Tiongkok sebagai negara penandatangan konvensi, tetapi juga memperlihatkan tekad dan sikap Tiongkok untuk menempuh jalan perkembangan hijau, berkarbon rendah dan bersirkulasi.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Medialingkungan.com, tercatat emisi per kapita dari berbagai negara pada jam puncak, pada level per kapita Negara Jerman 41,1 ton, Amerika Serikat 19,5 ton, dan Inggris 11,3 ton, sedangkan Tiongkok tidak melebihi 10 ton per kapita. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *