Polisi China Bekuk 10 Tersangka Pembunuh Panda

 Polisi China Bekuk 10 Tersangka Pembunuh Panda

Ilustrasi tertangkapnya 10 tersangka pembunuh panda di China (Gambar: utamanews)


Medialingkungan.com – 10 orang tersangka pembunuh seekor panda betina di China kini ditahan oleh polisi setempat. Panda betina yang dibunuh oleh 10 tersangka tersebut memisahkan bagian-bagian tubuh panda betina itu lalu menjualnya di pasar gelap dikarenakan langka, Kamis (14/05).

Melalui Closed-Circuit Television (CCTV) polisi kehutanan di Provinsi Yunnan menemukan kulit panda, daging panda, tulang-belulang dan organ-organ tubuh dari pemburu dan penjual.

Menurut Organisasi World Wild Fund for Nature (WWF) mengungkapkan pemburuan, ancaman umum bagi panda di China, telah menurun tapi pertumbuhan ekonomi yang pesat menjadi ancaman baru bagi populasi panda. Pembangkit listrik tenaga air, jalan-jalan raya dan proyek-proyek pertambahan menggangu habitat alami panda, seperti yang dilansir voaindonesia.

Sementara itu, Pemerintah China mengatakan pemburuan satwa langka dan penyelundupan organ-organ tubuh binatang masih lazim dan petugas berwenang meningkatkan upaya untuk mencegah berbagai perilaku yang membahayakan satwa langka.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh Medialingkungan.com mengungkapkan bahwa sensus baru-baru ini menunjukkan populasi panda bertambah 268 menjadi 1.864 ekor di China sejak sensus di tahun 2003 lalu. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *